Wednesday 17 July 2013

Umroh - Note



1. Manasik .. menurut saya.. acara manasik salah satu tujuannya  adalah Silahturahmi dan ajang mencari teman untuk umroh. Selain itu akan diinfo meeting point keberangkatan dimana dan diberikan tips2 selama disana oleh travel..
so.. sesering apapun kalian umroh.. better tetap harus ikut manasik.
ini teman umroh ku, Yuni namanya.. pertama kali kenal di manasik.. 
Dia selalu memperhatikan ku dan selalu mengandengku dimanapun aku berada.. Miss You...

2. koper harus di hias yang agak stand out.. pake Pita dan ditempelin stiker dengan nama pake spidol, supaya gampang dicari.

3. Ketika di Bandara, setelah melewati embarkasih, kita akan masuk ke ruang tunggu, sebelum masuk kesana kita akan melewati mengecheckkan.. Nah melewati pengechekkan, tidak diperbolehkan membawa cairan / minuman .. Jadi kalo mau bawa tempat minum, air nya dikosongin aja.. (ini berlaku baik di Jakarta or Jeddah)

Foto diruangan tunggu bandara..



Dan ini foto di ambil di Ruang tunggu Airport di Jeddah, ketika sampai..


oh no.. muka ku bengep karena ketiduran sebentar di pesawat.



4. Saat kita mau kembali ke tanah air kalo dijeddah pemeriksaan cewek dan cowo dipisah, kaum hawa akan diperiksa diruangan kecil , kalo cowo saat melewati pemeriksaan barang2 seperti jam, cincin, gesper harus dilepas.. Jadi pake celana nya yang pas aja ya.. jangan kebesaran. Hehehe

5. Memakai attribute dari travel.
Memakai attribute dari travel .. itu sangat berguna sekali untuk kita mudah dikenali oleh Jema’ah lain, khususnya di Mekah.
Ketika saya mencari tempat sholat atau janjian dengan jema’ah lain kita bisa langsung dikenali dari tas, bordiran mukena slayer or attribute lainnya, walaupun mereka blm melihat wajah kita.

Lihat, ketika memakai mukena dari travel .. kembaran semua kan.. hehehe


Dan foto diatas ini, kita selalu membawa atribute dari travel

6. Berfikirlah selalu positif , niatkan hanya untuk ibadah, ikhlas dan serahkan semua ke Allah . 
Kita harus berhati2 dengan hati dan pikiran .. pengalaman pribadi neh

..Waktu dimadinah.. ketika mencari tempat untuk sholat isya, melihat orang dari gerakan sujud ke berdiri dengan salah satu kaki agak sulit digerakkan, saya sempat membatin “ kenapa ya”. .... Tak lama kaki saya sakit dan sulit untuk berdiri.. 
Sampai ke esokkan harinya saya ingat bahwa saya pernah membatin sesuatu.. seketika itu juga saya langsung istighfar .. Astafirullahaladhim. Saya terus istighfar dan sholat subuh dilantai masjid tanpa alas, merasakan nikmatnya dingin dari lantai mesjid.. dan akhirnya kaki saya sembuh dengan sendirinya.

Masih di Madinah.. ketika semua orang sudah berdiri  bersiap untuk sholat.. saya masih mendengar para laskar masih mengatur.. “ Haj.. Haj ..”. Dan saya membatin “Kapan para laskar itu sholat”. Tak lama kemudian ada seorang laskar meminta sedikit tempat dan sholat disamping saya.. Subhanallah..

Di Mekah.. ketika diguide oleh ustadzah menuju pintu ka’abah.. saya melihat orang besar2 disekililing kami.. Saya berdoa untuk diizinkan mendekat ke pintu ka’bah .. terus berdoa dan berdoa.. dan tak lama kemudian orang2 didepan saya keluar dari desakkan.. dan saya berada persis didepan pintu ka’bah dengan mudahnya.. Subhanaallah.. Terima kasih Tuhan..

Hanya meminta kepadaNya, kemudahan2 pun saya rasakan bertubi2.

Dari pengalaman tersebut, setiap tingkah laku saya selalu meminta kemudahan NYA.. Dari mencari tempat sholat, keluar masjid, bahkan sampai ingin mendapatkan sesuatu
Dan seharusnya itu harus diterapkan di keseharian kita dimanapun kita berada


7.  Kalo untuk makanan sehari2 disana, jangan takut .. Pastinya Makanan  yang disediakan Indonesia sekali, sehat dan berqualitas. Jadi kalo mau bawa snack secukupnya saja.. kalo sudah sampai madinah or mekkah banyak supermarket..
Jangan lupa makan buah yang banyakk.. Saya kurang makan buah, jadi bibir saya lama2 kering.. meskipun sudah pakai lipbalm.
 Setelah mau pecah2, waktu itu baru deh makan buah yang banyak plus cari minuman diatas ini..
kalo disana kudu harus pake lipbalm dan sunblock.. supaya kulit terlindungi, ada jema’ah yang tidak memakai lipbalm dan sublock, muka dan bibirnya merah, kering dan pecah sampai berdarah. 

8. Saat ke masjid, jangan sekali-kali membawa kamera.. apalagi di Mesjid Nabawi.. Laskar meriksa bawaan kita dengan detailnya..Kalo kalian bawa camera kedalam masjid.. yang pasti bakal diusir oleh para laskar.. “Haj – Haj outttttt”

9. kalo ke masjid jangan lupa bawa kantong plastic untuk naruh sandal, dan sandal ditaruh ditas saja.. untuk menghindari lupa naruh dimana.

10. ke masjid lebih baik datang 1 or 1.5 jam sebelum sholat dimulai.. Jangan.. udah jauh2 ke arab, sholatnya di halaman masjid.. Ayo datang lebih awal supaya bebas mencari tempat sholat yang nyaman.

11. Carilah tempat sholat yang berpindah2, supaya kita bisa / bergaul dengan jama’ah lain dari berbagai Negara.

12. Bawa tempat minum untuk minum + buat ambil air wudhu (jika batal), karena jarak tempat sholat ke wudhu agak jauh.. (kecuali kalo waktu sholat masih lama, better ke tempat wudhu saja.).
bawa tempat minum kosong ke mesjid, dan pas masuk diisi air zamzam deh..Jadi kalo aus nga perlu ambil lagi ke tempat galon berada.

13. Jangan menaruh uang di hotel yang dengan mudah bisa ditemukan orang lain. Pengalaman ini terjadi oleh salah satu jama’ah, ketika di Mekaah, disaat semua berangkat ke masjid beliau meninggalan uang di hotel dan al hasil uang nya lenyap tak tersisa. Mangkanya perlu tas pinggang yang taruh di dalam baju, supaya aman

14. Ketika di depan kabaah. Banyak orang Indonesia menawarkan untuk membantu mencium hajar aswat.. Saran saja.. better jangan menerima tawaran tersebut.. selain kalian harus membayar.. kalian juga akan menyakiti orang lain yang berusaha untuk mencium dengan usahanya sendiri. Kenapa saya katakan demikian, karena ketika kalian menerima tawaran itu.. orang tersebut langsung meminta bawahannya yang bertubuh besar2 untuk membantu kalian untuk sampai kesana dengan berbagai cara.. yang pasti akan menyikut orang2 sekitarnya..
hiks hiks..saya sempat kena sikutan orang yang bertubuh besar itu.. Sakit.. Tuhan maafkan mereka..

15. Jangan memakai barang2 berkarakter à kalo make… pastinya akan di teriakin haram .. Haramm .. Hajj .. Haram – sumpeh lu.. bakalan malu diliatin semua orang.

14. Siapin beli alqur’an untuk wakaf di masjid nabawi dan mesjidil haram

15. Sebelumnya, saya belum pernah melakukan sholat jum’at.. Ketika di Mekaah saat itu adalah sholat jum’at pertama saya.. Saya bersama dengan yuni agak binggung setelah sholat jum’at, apakah kita sholat dhuzur setelah sholat jum’at atau bagaimana.. Dengan keterbatasan bahasa (karena disamping kami orang India).. akhirnya kami tau bahwa setelah sholat jum’at, kita tidak sholat dhuzur lagi.
Yuni, inget nga.. saat mendengarkan ceramah dengan bahasa arab kita ngantuk sengantuk ngantuknya..

16. Kalo mau sedekah, better kasih ke pembersih masjid yang ada didalam masjid aja. Lebih aman.. aman dalam artian.. jika kalian kasih ke  1 pengemis diluar mesjid, maka pengemis yang lain pasti akan langsung berdatangan.. dan better uangnya sudah disiapkan jangan ngambil dari dompet.
Dari penglihatan sekilas, dan dari hari berkenalan dengan pembersih sana.. ternyata banyak sekali pembersih masjid dari Indonesia.. Nah better kasih sedekah ke mereka, supaya mereka lebih sejahtera.. hehehe

17. Bawa kacang ijo.. untuk disedekahin untuk burung2 didepan mesjidil haram .. seru banget.. setelah sholat subuh dan dhuha.. didepan masjid akan berkumpul burung2 dara.. nah disebar disitu deh.. menyenangkan..
Kalo lupa bawah dari tanah air, kadang2 disana juga ada yang jual.



Dengan cost yang sudah kita bayar ke travel. Kehidupan selama umroh sudah dicover. Kita di sana tinggal ibadah, ibadah & ibadah.. bawa real secukupnya saja. Kecuali memang niat belanja.. itu baru harus bawa uang spare lebih.

18. kalo mau beli abaya yang simple, banyak dijual di toko depan masjid madinah atau beli ditoko atau dibagian bawah hotel. Tapi kalo abaya yang modern bisa dibeli di toko2 di zam-zam tower di mekah.
Ini abaya yang saya beli di madinah, simple cut.. dan untuk ukuran saya ini. harganya hanya 40real atau sebesar Rp.  80.000.
Kalo untuk ukuran besar rata2 80real sampai 100 real

19. kalo ingin beli emas juga lebih bagus dimadinah..

20. kalo mau beli kurma di kebun kurma memang lebih fresh, tapi harganya lebih mahal dibanding dengan penjual yang berada di dekat masjid madinah

No comments:

Post a Comment